Pengertian Najis dan Macam-Macamnya - Belajar Di Internet
Headlines News :
Home » » Pengertian Najis dan Macam-Macamnya

Pengertian Najis dan Macam-Macamnya

Written By Belajar Di Internet on Rabu, 16 November 2011 | 05.55

  • Pengertian Najis
      Najis adalah sesuatu yang dianggap kotor oleh orang yang memiliki tabi’at yang selamat (baik) dan selalu menjaga diri darinya. Apabila pakaian terkena najis –seperti kotoran manusia dan kencing- maka harus dibersihkan.

      Perlu dibedakan antara najis dan hadats. Najis kadang kita temukan pada badan, pakaian dan tempat. Sedangkan hadats terkhusus kita temukan pada badan. Najis bentuknya konkrit, sedangkan hadats itu abstrak dan menunjukkan keadaan seseorang. Ketika seseorang selesai berhubungan badan dengan istri (baca: jima’), ia dalam keadaan hadats besar. Ketika ia kentut, ia dalam keadaan hadats kecil. Sedangkan apabila pakaiannya terkena air kencing, maka ia berarti terkena najis. Hadats kecil dihilangkan dengan berwudhu dan hadats besar dengan mandi. Sedangkan najis, asalkan najis tersebut hilang, maka sudah membuat benda tersebut suci. Mudah-mudahan kita bisa membedakan antara hadats dan najis ini.

  • Hukum Asal Segala Sesuatu adalah Suci
Terdapat suatu kaedah penting yang harus diperhatikan yaitu segala sesuatu hukum asalnya adalah mubah dan suci. Barangsiapa mengklaim bahwa sesuatu itu najis maka dia harus mendatangkan dalil. Namun, apabila dia tidak mampu mendatangkan dalil atau mendatangkan dalil namun kurang tepat, maka wajib bagi kita berpegang dengan hukum asal yaitu segala sesuatu itu pada asalnya suci. Menyatakan sesuatu itu najis berarti menjadi beban taklif, sehingga hal ini membutuhkan butuh dalil.
  • Macam-Macam Najis 
a).Kencing dan kotoran (tinja) manusia
     Al adza (kotoran) adalah segala sesuatu yang mengganggu yaitu benda najis, kotoran, batu, duri, dsb. Yang dimaksud al adza dalam hadits adalah benda najis, termasuk pula kotoran manusia.Sedangkan najisnya kencing manusia yaitu yang berupa hajat buang yang dikeluarkan oleh manusia itu juga termasuk salah satu najis,namun najis itu adalah najis sedang.
b).Madzi dan Wadi
     Wadi adalah sesuatu yang keluar sesudah kencing pada umumnya, berwarna putih, tebal mirip mani, namun berbeda kekeruhannya dengan mani. Wadi tidak memiliki bau yang khas.
Sedangkan madzi adalah cairan berwarna putih, tipis, lengket, keluar ketika bercumbu rayu atau ketika membayangkan jima’ (bersetubuh) atau ketika berkeinginan untuk jima’. Madzi tidak menyebabkan lemas dan terkadang keluar tanpa terasa yaitu keluar ketika muqoddimah syahwat. Laki-laki dan perempuan sama-sama bisa memiliki madzi.
c). Kotoran hewan yang dagingnya tidak halal dimakan
        Contohnya adalah kotoran keledai, kotoran anjing dan kotoran babi dan lain sebagainya.
d).Darah haidh
     Seorang wanita yang mengalami darah haidh maka dianjurkan untuk membersihkannya menurut cara yang baik.
e).Jilatan anjing
Cara menyucikan bejana di antara kalian apabila dijilat anjing adalah dicuci sebanyak tujuh kali dan awalnya dengan tanah.”Yang dipilih oleh Syaikhul Islam Ibnu Taimiyah, bagian anjing yang termasuk najis adalah jilatannya saja. Sedangkan bulu dan anggota tubuh lainnya tetap dianggap suci sebagaimana hukum asalnya.
f).Bangkai
Bangkai adalah hewan yang mati begitu saja tanpa melalui penyembelihan yang syar’i.
  • Ada beberapa Bangkai dalam Pengecualian
Bangkai ikan dan belalang
Kami dihalalkan dua bangkai dan darah. Adapun dua bangkai tersebut adalah ikan dan belalang. Sedangkan dua darah tersebut adalah hati dan limpa.” berdasarkan hadits Ibnu Umar radhiyallahu ‘anhuma. 
Bangkai hewan yang darahnya tidak mengalir 
Contohnya adalah bangkai lalat, semut, lebah, dan kutu.
-  Tulang, tanduk, kuku, rambut dan bulu dari bangkai 

      
Share this article :

0 komentar:

Speak up your mind

Tell us what you're thinking... !

 
Support : Creating Website | Johny Template | Mas Template
Copyright © 2011. Belajar Di Internet - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger